Sabtu, 31 Juli 2010

Ada Juga Calon Kapolri Berbintang Dua

JAKARTA, KOMPAS.com — Ketua Komisi Kepolisian Nasional (Kompolnas), yang juga Menteri Politik Hukum dan Keamanan Djoko Suyanto, mengakui bahwa Kepala Kepolisian Negara RI Jenderal (Pol) Bambang Hendarso Danuri telah mengirim beberapa nama calon Kapolri.

Nama-nama yang terdiri dari perwira Polri berbintang tiga dan dua dikirimkan Kapolri sekitar dua pekan lalu.

"Saya tidak mau menyebut jumlahnya berapa (yang dicalonkan). Akan tetapi benar, ada beberapa. Ada yang bintang tiga dan ada yang bintang dua," kata Djoko, menjawab pers di Kantor Presiden, Kompleks Istana, Jakarta, Jumat (30/7/2010) malam.

Menurut Djoko, Kompolnas hingga saat ini belum memproses dan mengevaluasinya. "Pak Bambang kan pensiunnya Oktober mendatang," kata Djoko.

Saat pers mendesak kira-kira kapan nama Kapolri baru akan digodok, Djoko dengan bercanda menjawab," Tunggi musim durian ya."

Tentang kriteria untuk menjadi Kapolri, Djoko menyatakan, syaratnya tidak hanya normatif seperti kapasitas, kapabilitas, dan integritas. "Akan tetapi, harus bisa menyelesaikan masalah-masalah yang aktual seperti sekarang ini, yang menjadi perhatian publik," katanya.

Ditanya masalah-masalah apa, Djoko menjawab, "Ya, masalah aktual seperti sekarang ini. Sebut saja kaitan kasus Gayus Tambunan (pegawai Direktorat Jenderal Pajak Kementerian Keuangan yang melakukan mafia pajak dan akhirnya melibatkan oknum Polri) dan lainnya," jelas Djoko.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar